Cara Mengganti Nomor HP tanpa Ganti Kartu Terbaru 2022

Abrand.id-Terkadang, ada momen kartu perdana tidak bisa digunakan sama sekali. Entah karena tidak terdeteksi atau mungkin sudah mengalami kerusakan. Hal ini terjadi lantaran terlalu sering ganti kartu dan menyebabkan kartu telepon yang dimiliki rusak. Jika sudah demikian, adakah cara mengganti nomor HP tanpa ganti kartu?

Jawabannya, ada. Kamu bisa mengganti nomor HP yang digunakan tanpa ganti kartu. Dengan ini, kamu tidak perlu buka-pasang kartu perdana yang bisa saja menimbulkan potensi pada ruang kartu SIM yang ada di smartphone milikmu. Hasilnya, kamu tak perlu kehilangan nomor penting yang sebelumnya sudah tersimpan di kartu tersebut.

Terkadang, banyak orang yang mengganti nomor cukup menyesal lantaran nomor yang ada di dalamnya, ikut hilang saat ganti kartu. Namun saat ini, kamu tidak perlu khawatir lagi lantaran ada metode yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Selain itu, ada juga alasan lain yang mendasari mengapa ada orang yang ingin mengganti nomor HP tanpa mengganti kartu. Bisa lantaran cukup malas untuk menghubungi kontak teman atau saudara, bisa juga lantaran ingin menggunakan nomor HP cantik agar lebih mudah diingat.

Sebenarnya, ada cara mengganti nomor HP tanpa ganti kartu yang cukup mudah dilakukan. Pembahasan lengkap mengenainya, akan dijelaskan pada uraian berikut ini.

Syarat Penggantian Nomor tanpa Ganti Kartu

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengganti nomor HP tanpa ganti kartu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

KTP

Silakan bawa KTP jika kamu ingin mengurusi penggantian nomor HP tanpa melakukan ganti kartu. Jangan lupa juga untuk membawa identitas lainnya seperti Kartu Keluarga (KK) agar kamu tidak perlu repot bolak-balik jika memang dibutuhkan saat penggantian nomor.

Kemudian, coba ingat-ingat dua nomor telepon yang pernah kamu hubungi dalam satu bulan terakhir untuk membatu proses penggantian nomor HP.

Kartu SIM yang Ingin Nomornya Diganti

Tentu saja, syarat lain yang harus kamu bawa ketika ingin mengganti nomor HP adalah kartu SIM. Silakan bawa kartu tersebut agar nantinya bisa segera diproses oleh pihak yang melakukannya. Tanpa kartu SIM, biasanya proses tidak bisa dilakukan lantaran tidak ada SIM yang bisa diproses.

Biaya Layanan

Hal lain yang perlu kamu persiapkan sebagai syarat adalah biaya layanan yang diberikan. Lantaran kamu perlu mendatangi pusat pelayanan dari provider bersangkutan, pastinya ada biaya yang harus kamu keluarkan. Belum ada informasi lengkap mengenai total biaya yang dibutuhkan.

Hanya saja, kamu perlu mempersiapkan estimasi biaya saja. Tapi tenang, biayanya mungkin tidak terlalu tinggi mengingat harga dari pembelian kartu perdana baru juga tidak terlalu tinggi. Yang penting, kamu hanya perlu mempersiapkannya saja.

Cara Mengganti Nomor HP tanpa Ganti Kartu

Jika syarat di atas sudah kamu penuhi, sekarang waktunya kamu mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengganti nomor HP tanpa perlu ganti kartu. Ingin tahu caranya? Simak uraian berikut ini baik-baik, ya.

  • Silakan datang ke Grapari Telkomsel, pusat layanan Indosat, 3 Store, Store Service Center XL, atau Galeri Smartfren yang ada di daerah terdekat atau di kotamu.
  • Siapkan KTP yang sebelumnya kamu gunakan untuk verifikasi nomor telepon yang ingin diganti.
  • Jangan lupa siapkan Kartu Keluarga (KK) seperti yang telah disebutkan pada persyaratan tadi.
  • Siapkan juga materai 6000, ponsel, serta kartu SIM yang ingin kamu ubah nomornya.
  • Langsung katakan apa keluhan dan keinginanmu terhadap Customer Service yang ada di gerai pusat pelayanan.
  • Setelah itu, pihak CS akan langsung memproses keluhan dan juga kebutuhanmu untuk mengganti nomor HP sesuai dengan yang diinginkan.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin mengganti nomor HP tanpa perlu mengganti kartu SIM. Sangat mudah, bukan? Selain mudah, prosesnya terkadang juga cepat karena hanya perlu memverifikasi dan mengajukan pergantian nomor ke server provider.

Cara Mengatasi Kartu SIM Rusak atau Tidak Terbaca

Tapi sebenarnya, ada langkah yang mungkin kamu lupakan. Mungkin saja, kartu yang kamu miliki tidak sedang rusak atau ada dalam gangguan. Kamu masih bisa kok melakukan beberapa metode berikut ini untuk mengetasinya. Siapa tahu, kamu tidak perlu susah-susah ganti nomor.

Restart HP

Biasanya, masalah kartu SIM yang tidak terbaca atau dianggap rusak, hanya gara-gara smartphone yang kamu gunakan tidak memberikan performa optimalnya. Hal tersebut terjadi, mungkin lantaran kamu tidak pernah merestart smartphone milikmu. Padahal, sesekali smartphone butuh untuk direstart.

Proses restart, akan membantu smartphone untuk memperbaharui atau merefresh performanya. Coba cara pertama ini terlebih dahulu jika kartu SIM tidak terbaca.

Periksa Konektor Kartu SIM

Selain dengan merestart HP, kamu juga bisa memeriksa konektor kartu SIM yang ada dalam smartphone milikmu. Biasanya, ada indikasi bahwa kuningan yang ada di konektor sudah rusak lantaran usia pemakaian.

Beberapa ponsel memang terkadang memiliki masalah ini. Biasanya, kamu akan menemukan masalah ini pada smartphone Xiaomi Redmi 3, ASUS Zenfone 2, dan beberapa smartphone lainnya. Jika terjadi masalah ini, silakan gunakan metode berikut untuk mengatasinya:

  • Buka casing, baterai, dan langsung cek konektor SIM.
  • Setelahnya, ambil kapas dan silakan bersihkan kuningan yang ada di sana.
  • Jika selesai, kamu bisa memulai untuk memasangnya kembali.

Cek IMEI, Perbaiki Jika Hilang

Secara sederhana, IMEI juga bisa digunakan untuk penangkap sinyal. Dengan ini, mungkin masalah terjadi pada IMEI dan menyebabkan kartu SIM seolah tidak terdeteksi lantaran IMEI hilang. Cara mengeceknya yakni sebagai berikut:

  • Buka Telepon atau Dial di smartphone milikmu.
  • Ketikkan *#06#*.
  • Silakan tunggu hingga ada respon dari smartphone.
  • Setelah itu IMEI akan muncul secara otomatis.

Jika dalam keadaan normal, biasanya IMEI akan ditampilkan berupa kombinasi dari nomor unik. Namun, jika tidak muncul, kartu SIM tidak terdeteksi bisa jadi disebabkan oleh hal ini.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan fitur search yang sudah disediakan. Kemudian, kamu bisa mengetik IMEI Invalid. Di sana, kamu akan diberikan arahan mengenai bagaimana cara memperbaikinya.

Mengaktifkan Mode Pesawat Selama Beberapa Saat

Mungkin kamu juga bisa mengecek dengan cara ini dan memperbaiki masalah kartu SIM Card tidak terdeteksi. Caranya yakni dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat saja. Langkah yang bisa kamu lakukan yakni sebagai berikut:

  • Tekan lalu tahan tombol power, silakan restart ponsel terlebih dahulu.
  • Setelah restart selesai, kamu bisa masuk ke menu yang bisa digeser ke bawah atau panel status bar.
  • Silakan aktifkan mode pesawat.
  • Aktifkanlah kurang lebih selama dua menit.
  • Setelah dua menit, kamu bisa mematikannya.

Biasanya, setelah kamu menggunakan mode pesawat, ponsel milikmu akan mencoba lagi untuk mencari sinyal dari kartu SIM tersebut. Dengan cara ini, mungkin kartu SIM kamu sudah bisa mendapatkan sinyal lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mengatasi masalah kartu SIM yang tidak terdeteksi. Semoga membantu.

Leave a Comment